JURNALKEBUMEN - Buat sahabat mataparahiangan di mana pun berada, khususnya di Bandung Jawa Barat yang gemar liburan ke wisata alam tak usah bingung. Kalian tinggal datang ke objek wisata Situ (danau,red) Cisanti yang terletak di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Bagi wisatawan yang liburan ke Situ Cisanti, tidak usah khawatir tentang fasilitas, pasalnya, di lokasi ini, untuk fasilitas terbilang cukup lengkap. Anda jika mau menunaikan sholat di Situ Cisanti sudah ada mushalla di area depan. Begitu pun juga untuk fasilitas lahan parkir sangat luas cukup untuk menampung kendaraaan baik roda dua maupun roda empat.

Selain fasilitasnya yang lengkap, Tiket Masuk Situ Cisanti pun relatif murah hanya Rp 10.000 /orang. Sedangkan tarif parkir hanya Rp 4000 untuk motor dan Rp 9000 untuk mobil.  Selain itu, ada juga beberapa tempat duduk dan istirahat di spot-spot yang memang nyaman buat liburan di situ cisanti sambil menyeruput kopi atau makan serta jajanan yang tersedia di warung-warung di lokasi wisata.

Rute Menuju Lokasi

Sahabat mataparahiangan, perlu diketahui jalan menuju ke lokasi SItu Cisanti ada beberapa alternatif yang bisa kalian gunakan. 

Rute Via Pangalengan

Jika kalian mengambil rute ini, arahkan kendaraan ke pangalengan. Kemudian dari bundaran pertigaan Pangalengan ambil jalan ke kiri dan ikuti terus jalan ini. Waktu tempuh dari dari bundaran sekitar 1 jam. Meskipun jalannya terbilang jelek, namun kalian akan terobati dengan suasana pemandangan yang indah di sepanjang jalan ini.

Rute Via Ciparay

Jalan menuju Situ Cisanti via Ciparay kondisi jalannya lebih bagus dan mulus sampai ke lokasi. Untuk menempuh rute ini, kalian tinggal arahkan kendaraan ke jalan terusan Buah Batu menuju Bojongsoang. Ikuti terus sampai ke jalan laswi Ciparay, dan ikut terus sampai ke terminal Ciparay. Dari terminal belok kanan untuk menuju ke jalan lembur awi-ciparay, ikuti terus dan akan masuk ke jalan raya pacet.

Nach, kalian cukup ikuti terus jalan ini. Setelah melewati pasar Cibeureum, maka lokasi danau pun tidak jauh lagi.

Sekilas Tentang Situ Cisanti

Situ Cisanti merupakan titik nol atau hulu sungai Citarum, salah satu sungai terbesar di Jawa Barat dan terkenal dengan polusinya.

Banyak yang gak menyangka jika sungai Citarum yang kotor berawal dari tempat yang begitu bersih dan indah. 

Setelah mendapatkan pembenahan, sekarang situ cisanti mulai dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bandung.

Pada awal tahun 2018, pemerintah mencanangkan progam citarum bersih. Situ Cisanti juga tidak lepas mendapat sentuhan tambahan. Terlebih lagi setelah presiden Jokowi berkunjung dan meresmikan progam revitalisasi Citarum di Danau atau Situ Cisanti.

Kawasan Situ Cisanti dikelilingi oleh beberapa gunung, diantaranya, gunung malabar, gunung wayang, gunung rakutak dan gunung bedil.

Hulu Sungai Citarum

Situ atau danau kecil ini merupakan hulu sungai Citarum. Disini (Cisanti,red) ditampung aliran dari 7 mata air yang membentuk hulu sungai citarum yang utama. 

1. Mata Air Citarum

2. Mata Air Cikahuripan

3. Mata Air Cisadane

4. Mata Air Cikoleberes

5. Mata Air Cihaniwung

6. Mata Air Cikawudukan, dan

7. Mata Air Cisanti.

Semua mata air ditampung di Situ Cisanti, dengan debit air mencapai 200-400 liter/detik.

Jadi, tunggu apalagi, sebagian besar keindahan destinasi wisata Situ Cisanti sudah dibeberkan di atas, jika penasaran dengan suasana objek wisata Situ Cisanti, kalian tinggal langsung berangkat ke lokasi wisata alam yang murah meriah ini dengan menggunakan kendaran baik roda dua maupu roda empat, menggunakan kendaraan umum pun bisa loch.